Surganya Kitab di Perpustakaan Islam Iman Jama


copyright google


Tidak jauh dari halte dan terminal lebak bulus, perpustakaan islam iman Jakarta berada di sebelah kanan pinggir jalan, kamu yang bolak balik di daerah ini pasti udah gak asing lagi, walaupun terlihat sederhana tapi koleksi bukunya gak kalah dengan perpustakaan besar yang lain. Perpustakaan  ini umumnya mengoleksi buku-buku islam, sebut saja seperti buku fiqh, ushul fiqh, studi islam, sejarah dan masih banyak lagi cukup lengkap di perpustakaan ini. bahkan kitab tafsir pun sangat lengkap disini, sebut saja seperti Tafsir Al-Maraghi, Tafsir Jalalain, dan Tafsir Al-Misbah dari jilid 1 hingga selesai tersedia di perpus ini, jadi untuk kamu yang sedang butuh banget buku-buku agama, perpus ini recommend banget dan tidak diragukan lagi, jangan khawatir! Tidak hanya buku berbahasa arab saja, tapi banyak juga buku terjemahan bahasa Indonesia.


Terjemahan Tafsir Jalalain dan Al-Maraghi

Kitab berbahasa arab



Jika kamu ingin mengunjunginya, perpus islam iman Jama’ buka dari hari senin hingga sabtu dari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore, suasana di tempat ini cukup tenang dilengkapi dengan tempat duduk yang nyaman. Umumnya orang-orang menghabiskan waktunya disini sekitar 2 hingga 3 jam, sayangnya buku yang dikoleksi di perpustakaan ini tidak boleh di pinjam, dan jika memang sangat dibutuhkan hanya boleh di fotokopi dan dikembalikan lagi. Dan aku lebih sering memilih untuk mengambil foto materi dari buku yang ingin kubaca. Dan jika kamu ingin sholat, disediakan mushola di lantai 4. Tidak seperti perpustakaan kebanyakan yang sudah memilih sistem pencarian buku dengan komputer, di tempat ini tidak, kamu hanya perlu mencari buku sesuai klasifikasi buku di rak, lantai 2 untuk koleksi buku kitab seperti tafsir, kitab hadist, ensiklopedia dan lain-lain, sedang di lantai 3 menyediakan koleksi buku keagamaan seperti buku fiqh, ushul fiqh, zakat, puasa, sholat dan masih banyak lagi.




Suasana lantai 2

Suasana lantai 3



Alhamdulillah aku sudah beberapa kali mengunjungi tempat ini, sangat disayangkan sebenarnya koleksi buku tidak diperbolehkan meminjam, padahal koleksi buku di tempat ini cukup lengkap. Menariknya di setiap tembok yang dilalui tangga terdapat karya seni islami dan ada fotografi asli mekkah jaman dahulu. Jika kamu berminat mengunjungi perpustakaan ini kamu hanya cukup minta kunci loker dan akan diminta uang infak seikhlasnya.     

  

Komentar

MS Wijaya mengatakan…
Wahh ternyata ada harta karun disana.. 😀😀
Anisa Mumtaz mengatakan…
hhh, wah kak mksh udh mampir ;)

Postingan Populer