Tentang Gadget


Hari ini tentu kita tak pernah terlepas dari gadget, telephone pintar yang diusung-usung mempermudah segala aktivitas hidup manusia. Berkirim surat kini tak harus menyewa orang untuk mengantarkan, ada sms dan chatting dalam satu genggaman. Pemakaian gadget dalam pendidikan pun meningkat,  kini tak melulu soal pembelajaran di kelas, pembelajaran dapat berjalan tanpa tatap muka secara langsung. Ketika semua kelebihan dan kemudahan gadget dalam semua aspek kehidupan, lalu mengapa masih ada kabar miring dari dampak penggunaan gadget?

Gadget memang berdampak baik jika dipergunakan dengan baik, tapi masih saja terdengar banyak siswa mencontek lewat gadget, semua hal dipermudah dengan gadget, justru banyak lagi masalah timbul karena gadget, sadarkah kita sebenarnya telah diperbudak oleh alat satu ini?

Kini, banyak anak kecil yang bahkan tidak dapat terlepas dari gadget, kecanduan akan gadget membuat sistem motoriknya berjalan tidak baik, anak hanya duduk terdiam dan terpaku pada gadget yang dipegangnya, bahkan tontonan yang tidak sesuai porsinya pun cepat ditangkapnya, namun, terkadang orang tua tidak sadar akan hal ini, beberapa orang tua menganggap dengan gadget anak-anak akan lebih tenang dan tidak rewel bahkan ada yang secara khusus membelikan gadget untuk anaknya di usia dini, pemahaman inilah sebenarnya yang harus diluruskan, justru dengan pemakaian gadget pada usia dini akan berdampak buruk bagi sistem motoriknya.

Dalam sebuah artikel mengatakan, dampak penggunaan gadget bagi usia dini (di bawah usia 12 tahun) akan mengganggu pertumbuhan otak anak, dapat menyebabkan keterlambatan kognitif, gangguan dalam proses belajar, serta menurunnya kemampuan anak untuk mandiri, juga akan membatasi gerak fisiknya (https://id.theasianparent.com/10-bahaya-penggunaan-gadget-pada-anak/)

Maka peran orangtua lah sebenarnya yang bertanggung jawab dalam hal ini, kita mungkin perlu belajar bagaimana dan kapan gadget dapat dipergunakan pada setiap anak, paling tidak mengurangi pemakaian dan pengawasan terhadap anak yang sudah terlanjur kecanduan akan gadget.  


#TantanganODOP
#ODOPBatch6
#Fiksi


Komentar

Postingan Populer