Kebersyukuran

Pernah gak sih ngerasa hidup kita itu paling sulit diantara orang lain? Seperti "dia kok enak banget, hidupnya serba ada tapi kita nggak"?atau bahkan ngerasa kalau Tuhan gak adil banget sih sama kita?perasaan seperti ini akhirnya membuat kita jadi mumet sendiri dan gak nikmatin hidup, padahal dunia gak asik banget kalau cuma dipandang hanya sebatas materi, ya.. walaupun kita tahu sih kita gak akan terlepas dan hidup tanpa materi, ilmu ikhlas seperti ini nih yang mesti dibangun dan terus dipelajarin selama kita hidup di dunia, dan memang bukan perkara mudah, butuh proses dan terus belajar untuk mencapai tingkat ikhlas yang sebenarnya.

Tapi kalau kita pandang dari sisi lain, hidup tuh indah banget kalau semuanya kita ambil positifnya dan kita ambil hikmahnya, ternyata Allah SWT itu baik dan sayang banget sama kita, terus gimana sih cara kita bisa bersyukur? Coba deh renungkan sejenak nikmat Allah SWT yang tidak terkira di sekitar kita, misalnya ditemukan teman-teman yang baik, atau malah merasa pernah ditolong sama orang dan lain lain, kita pasti tidak akan bisa menghitung jumlahnya.

Allah swt seringkali menegur kita dari arah yang gak pernah kita kira, suatu hari ketika aku hendak menunggu bus kemudian aku melihat dua pasangan pemulung paruh baya hendak menyebrang dan bergandeng tangan, ah rasanya mungkin itu adalah hal yang biasa, coba deh tengok dari sisi lain, mereka bahagia bersama-sama menjalani kesederhanaan dibalik orang-orang yang terus mengeluh akan beban hidupnya, nah mungkin tolak ukur terhadap materi kita lah yang salah, dalam beberapa hadist aja dikatakan tengoklah orang-orang yang ada di bawahmu dalam hal dunia dan harta, jangan tengok orang diatasmu dalam hal dunia dan harta, agar kita selalu bersyukur bahwa kita akan lebih merasa bersyukur dengan orang-orang di bawah kita, barangkali ini bisa menjadi tips bagi kita untuk selalu bersyukur, semangat kawan😊✊

#TantanganODOP
#ODOPBatch6
#Fiksi2

Komentar

Postingan Populer