Jangan Biarkan Jatuh Pada Lubang yang Sama

Pertama kali tahu komunitas ODOP itu dari temanku, sekarang dia sudah jadi anggota komunitas ODOP, aku yang dulu suka banget nulis sejak SD tertarik banget ikut komunitas ini dengan harapan bisa membangun kembali semangat literasi aku yang semakin kesini mulai hilang, padahal waktu kecil dulu seneng banget mengarang cerita.

Sekitar satu atau dua tahun yang lalu, sebenarnya aku sudah pernah ikut komunitas ODOP, aku seneng banget akhirnya blog yang aku buat dulu aktif kembali, banyak banget yang aku pelajari dari narasumber-narasumber kece, teman-teman di grup yang beragam usia menjadi penyemangat buatku untuk terus menulis. Tapi… di minggu ke 3 waktu itu aku sempat beberapa kali hutang tulisan sampai akhirnya di batas maksimal, wkwkwk jangan dicontoh yaa dan akhirnya aku dikeluarkan dari grup

Dan sekarang, ketika komunitas ODOP kembali membuka recruitment anggota, aku tetap ingin mengikutinya, walau kadang ragu apa aku bisa melanjutkan sampai selesai atau tidak. Tapi aku yakin, aku pasti bisa.

Nah, ditanya soal strategi apa yang aku jalankan supaya bisa melanjutkan sampai selesai, apalagi supaya tidak jatuh pada lubang yang sama. Beberapa strategiku yaitu. Pertama, usahakan setiap minggu buat list tema tulisan, jadi ketika waktunya tiba kita gak bingung cari ide tulisan. Kedua, jadwalkan waktu luang untuk menulis setiap hari, misalnya jika kita merasa nyaman untuk membuat tulisan di jam 3 pagi, maka berjanjilah pada diri sendiri untuk melakukan itu setiap hari. Ketiga, rajin-rajin tengok blog orang, ini bisa jadi gambaran untuk ide tulisan kita dan menambah relasi blog kita. Keempat, jangan pernah hutang tulisan sekalipun, karna sekalinya berhutang pasti seterusnya ketagihan wkwk. Kelima, nah ini ni yang paling, kudu, harus kita lawan yaitu ‘Malas’, pekerjaan apapun kalau malas ujungnya jadi menyesatkan bukan? Maka, kita harus bisa lawan mala situ dengan langsung menulis.

Harapanku mengikuti komunitas ODOP ini adalah semoga bisa konsisten menulis, menemukan pengetahuan-pengetahuan baru di bidang literasi, menjadi penulis handal, membangun relasi dan pastinya semoga aku bisa membuat tulisan yang bisa menembus media cetak, koran, majalah atau penerbit atau film misalnya?hehehe semoga sajaa. Dan yang lebih penting lagi adalah bisa membangun kecintaan aku terhadap dunia literasi. Yaa… paling tidak, jika diri ini sudah tidak di dunia lagi, aku masih bisa dikenang lewat tulisanku, amiin….

 

#OneDayOnePost

#ODOP

#ODOPChallenge1

Komentar

Postingan Populer